Tukang Bakso Apresiasi Strategi Presiden Jokowi buat UMKM Naik Kelas

Hen, otonominews.co.id
Selasa, 24 Januari 2023 | 08:29 WIB


 Tukang Bakso Apresiasi Strategi Presiden Jokowi buat UMKM Naik Kelas
Ketua Papmiso Bekaso, Maryanto.

BEKASI (Otonominews) - Ketua Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Kota Bekasi Maryanto menanggapi kebijakan Pemerintah yang menggunakan strategi jitu untuk membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Strategi tersebut dengan menerbitkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan melakukan transformasi digital.

Mengapresiasi langkah tersebut, Maryanto menjelaskan, hal ini menunjukkan keberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada pelaku UMKM. 

"Apalagi Presiden menargetkan Kementerian terkait untuk menerbitkan 100.000 NIB perhari," tutur Maryanto di Bekasi.

Namun Maryanto meminta, terkait penerbitan NIB serta aturan main usaha, pemerintah juga harus turun aktif dalam mensosialisasikannya, sehingga tujuan para pelaku UMKM bisa naik kelas bisa segera terwujud.

“Kaitan NIB dan aturan seperti sertifikasi halal harus disosialisasikan masif dan ada pendampingan. Agar para pelaku UMKM tidak gagap. Alhamdulillah, untuk pedagang Mi dan Bakso di Papmiso Bekasi Kota kita sudah semua. Begitu juga dengan sertifikasi halal. Ini untuk daya saing UMKM,” jelas Maryanto.

Sedangkan soal transformasi digital, lanjut dia, para pelaku UMKM agar segera diberi pandangan kaitan persaingan usaha masa kini dan ke depannya nanti. Sebab tidak dipungkiri, di era ekosistem digital, tukang bakso juga harus peduli dan melek demi keberlangsungan usahanya.

“Ya perubahan sifatnya tetap, kalau pelaku UMKM tidak mampu mengadaptasi, nanti kita nggak bisa ikut persaingan. Ya ini PR dan perlu kerja keras kita bersama, misalnya untuk memberi pemahaman ke anggota saya itu perlu seringkali dibuka pandangannya,” ujar dia, yang juga sebagai 

Lebih jauh, Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Bekasi ini juga menjelaskan, saat ini Papmiso Kota Bekasi sudah menjalankan koperasi berbasis digital dan mempunyai Rumah Produksi Bersama (RPB). Segala keperluan dan pengolahan bahan baku bakso kini sudah memiliki standar dan proses yang ketat.

“Jadi dalam RPB itu pengolahan bahan baku bakso, bumbu dan yang terkait dijamin halal, bersih dan bermutu. Dengan itu, kita tukang bakso punya saya saing dan mengcounter isu-isu tak sedap kaitan dengan bakso,” ujar dia.

UNtuk diketahui, Presiden Jokowi memiliki strategi jitu untuk membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Yaitu dengan menerbitkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan melakukan transformasi digital.

Jokowi mendorong agar kementerian terkait dapat mengeluarkan 100.000 NIB perharinya. Terhitung sejak Agustus 2021 hingga Juli 2022 sudah mencapai 1,5 juta NIB untuk UMKM.

Pada akhir 2023 nanti, Presiden Jokowi menargetkan 30 juta UMKM bakal tersentuh digitalisasi. Saat ini sudah 20,76 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam ekosistem digital.