Pembangunan 4 Gedung Baru & 3 Rehab di SMK Negri 1 Tinangkung Rampung.

Hen, otonominews.co.id
Minggu, 22 Januari 2023 | 15:13 WIB


Pembangunan 4 Gedung Baru & 3 Rehab di SMK Negri 1 Tinangkung Rampung.
SMK Negri 1 Tinangkung

BANGKEP, (otonominews) -- SMK Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan senilai Rp 3.352.905.000.

Bantuan DAK tahun 2022 itu diperuntuhkan untuk pembangunan gedung baru dan rehab.

Untuk gedung baru terdapat sebanyak empat unit, dan tiga unit bangunan direhab.

Pantauan media ini, beberapa waktu lalu, ditemukan dua bangunan baru di kerjakan oleh ko Abu dan ko Ako sebutan akrabnya di sebut, sebagai kepala tukang, yang nota bene sebagai kontraktor. 

Ketua Panitia Pembangunan, Muharto menjelaskan, bahwa yang mendapat borongan kerja itu, adalah kepala kepala tukang, baik ko Abu maupun ko Ako.

Selanjutnya K3 keselamatan dan kesehatan kerja tidak di tarapakan sesuai ketentuan yang berlaku, dari sekian kariwan hanya terdapat, enam buah rompi di tamba helem enam buah, sementara sepatu jenggel boad tidak diadakan sama  sekali.

Mengakibatkan tiga kariawan mendapat kecelakaan dua diantaranya injak paku, yang satu orang kecelakaan atap seng sampai robek bahagian kaki.

Sebut saja Rahman Panigoro, yang injak paku sampai infeksi, sempat oprasi kecil,akibatnya selama limah hari tidak bisa bekerja, ironisnya biaya pengobatan tidak di tanggung panitia pembangunan, justru dibebankan kepada kepala tukang.

Di sampaikan oleh Nutan kepala bas, ko Abu, atas keluhannya, kepada pihak Panitia Pembangunan tentang pajak PPN,PPH 13,5 0/0, dengan pagu anggaran 280 juta sekian dipotong pajak, 37 juta sekian dibebankan kepada mereka.

Diduga kuat pihak panitia pengelola, ada kong kaling kong, tentang punggutan pajak yang dibebankan kepada kepala tukang sebagai pekerja borongan, perlu di tinjau kembali tentang bukti STS karena sangat merugikan bagi kepala Kapala tukang yang mendapat borongan kerja.