Di Minahasa Utara, Jokowi Cek Harga Sembako di Pasar Airmadidi dan Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan

Hen, otonominews.co.id
Jumat, 20 Januari 2023 | 09:02 WIB


Di Minahasa Utara, Jokowi Cek Harga Sembako di Pasar Airmadidi dan Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan
Presiden meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara Sulawesi Utara.(ist)

MINAHASA UTARA (Otonominews) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Airmadidi, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023). Kedatangan Presiden Joko Widodo tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang telah menunggunya sejak pagi.

Presiden langsung berkeliling menyapa pedagang untuk membagikan bantuan sosial (bansos) sembako dan bantuan tunai. Selain itu, momen berkunjung ke pasar juga dimanfaatkan Presiden untuk mengecek harga-harga sembako.

“Biasa, mengecek harga-harga, utamanya harga sembako, beras, minyak. Saya kira di Sulawesi Utara kondisinya stabil, inflasi juga sangat terjaga di angka 4 persen di Kota Manado dan sekitarnya saya kira sangat baik,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Pada saat akan memasuki mobil untuk melanjutkan perjalanan, tampak ribuan masyarakat memenuhi jalan. Melihat jalan yang menjadi sempit karena dipenuhi masyarakat yang akan menyebabkan kendaraan bergerak perlahan, Presiden pun memilih berjalan kaki sambil membagikan kaus.

Setelah berjalan kaki selama 30 menit, Presiden memasuki kendaraan untuk melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Turut mendampingi Presiden saat mengunjungi Pasar Airmadidi yaitu Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Joune J. E. Ganda.

Masih di Minahasa Utara, dihari yang sama Presiden meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. 

Keberadaan bendungan, Jokowi menjelaskan, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, mulai dari irigasi, pembangkit listrik, mereduksi banjir, hingga menambah pasokan air baku.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” ujarnya.

Dalam keterangan persnya usai peresmian, Presiden mengungkapkan bahwa pemerintah juga tengah membangun Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak,” ujar Presiden kepada para jurnalis.