Ditjen Bangda: Dalam Pelaksanaan Pembangunan 2023, Pemprov Bengkulu Memiliki 5 Prioritas

Wie, otonominews.co.id
Rabu, 15 Juni 2022 | 10:18 WIB


Ditjen Bangda: Dalam Pelaksanaan Pembangunan  2023, Pemprov Bengkulu Memiliki 5 Prioritas
Direktur PEIPD Drs. Nyoto Suwignyo, MM.

JAKARTA, (otonominews) -- Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah yang diwakilkan oleh Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah membuka acara sekaligus memberikan arahan dalam Fasilitasi Ranpergub tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Bengkulu Tahun 2023, yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (14/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PEIPD Drs. Nyoto Suwignyo, MM. menjelaskan bahwa pelaksanaan fasilitasi merupakaan upaya pembinaan yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan arahan secara teknis dan substantif terhadap Ranpergub tentang RKPD Provinsi Bengkulu Tahun 2023

“Fasilitasi merupakan tindakan pembinaan berupa pemberian pedoman dan petunjuk teknis, arahan, bimbingan teknis, supervisi, asistensi dan kerja sama serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri," ujar Nyoto.

Kebijakan Prioritas Sektoral Nasional Tahun 2023 juga disampaikan Nyoto merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan, yang saat ini tercantum dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan RKPD Tahun 2022 serta diharapkan pula disampaikan oleh para peserta dari lingkup komponen Kemendagri dan Kementerian PPN/Bappenas. 

“Bapak/Ibu para fasilitator dapat memberikan masukan terhadap dokumen rankhir sehingga nantinya akan jadi bahan penyempurnaan serta menjadi upaya menjamin bahwa sinkronisasi terjadi pada prioritas pembangunan Nasional dan Bengkulu,"  jelas Nyoto.

Dalam pelaksanaan pembangunan Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Bengkulu memiliki 5 (lima) prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan antara lain: Percepatan Pengentasan Kemiskinan dan Peningkatan Kualitas SDM yang Berdaya Saing, Pengembangan Infrastruktur yang Tangguh dan Berkelanjutan serta Perluasan Konektivitas untuk Pemerataan, Penguatan Ketahanan dan Transformasi Ekonomi, Inovasi dan Tata Kelola Pemerintah, dan Natural Bengkulu (Pengembangan Pariwisata yang Integratif dan Kompetitif) dan Ekonomi Kreatif. 

Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, S.Sos, M.Kes menyatakan bahwa Tahun 2023 Pemerintah Provinsi Bengkulu akan melaksanakan 18 Kegiatan Prioritas yang dimiliki oleh Bapak Gubernur sebagai upaya pencapaian prioritas yang sudah ditentukan. 

“Terdapat 18 Kegiatan Prioritas yang akan dilakukan pada Tahun 2023 yang memang merupakan bagian janji dari Pak Gubernur sebagai upaya mencapai berbagai sasaran pembangunan," ungkap Isnan

Ditjen Bina Pembangunan Daerah menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk segera menetapkan Pergub tentang RKPD Tahun 2023 setelah menyempurnakan berdasarkan masukan yang diberikan paling lambat 30 Juni 2022 untuk kemudian menjadi dasar dalam penyusunan KUA-PPAS dan pedoman bagi APBD Tahun 2023.