Dubes RI Rubah Status Putera Ridwan Kamil jadi 'Orang Tenggelam', MUIJabar Imbau Sholat Goib

hen, otonominews.co.id
Sabtu, 04 Juni 2022 | 09:12 WIB


Dubes RI Rubah Status Putera Ridwan Kamil jadi 'Orang Tenggelam',  MUIJabar Imbau Sholat Goib
Imbauan Ketua MUI Jabar Sholat Goib untuk Putera Ridwan Kamil.(ist)

BANDUNG (Otonominews) - Menindaklanjuti seruan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat yang mengajak masyarakat muslim mendirikan shalat goib untuk putera sulung Gubernur RIdwan Kamil, Emmeril Khan Mummtadz, sejumlah masjid di Kota Bandung menggelar salat gaib Jumat (3/6/2022). Salat gaib itu untuk mendoakan Emmeril yang tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Sejumlah masjid yang menggelar salat gaib itu di antaranya Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Masjid Kadin Jabar, dan Masjid Gedung Sate,

MUI Jabar pun menyatakan bahwa keluarga Ridwan Kamil telah ikhlas dengan putranya yang belum ditemukan.

Ketua MUI Jabar mengungkapkan jika Gubernur Jawa Barat itu dan istrinya, Atalia Praratya, sudah mengikhlaskan anaknya sepenuhnya.

"Bapak Mochammad Ridwan Kamil beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Khan Mumtaz sudah meninggal dunia karena tenggelam, ” ujar KH Rachmat Syafe’i

Sekretaris Umum MUI Jabar, KH Rafani Akhyar, menekankan karena diduga kemungkinan besar meninggal sesuai dengan keterangan keluarga dan pertimbangan syariat islam maka harus segera dishalatkan.

Dengan memperhatikan keterangan dari pihak keluarga dan ketentuan syariah, jenazah harus disalatkan. Karena Eril belum ditemukan, salat dilakukan dengan cara gaib.

MUI Jabar mengeluarkan surat ajakan shalat gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dikeluarkan pada Kamis, 2 Juni 2022, yang ditandatangani langsung oleh Ketua MUI Jabar, Kh. Rachmat Syafe'i.

MUI Jabar menjelaskan bahwa pada Kamis kemarin digelar pertemuan antara MUI Jabar dan pihak keluarga Ridwan Kamil. Ajakan shalat gaib itu merupakan hasil pertemuan antara Keluarga Ridwan Kamil bersama MUI Jabar.

Adapun hasil pertemuan tersebut yang tertuang dalam surat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ridwan Kamil dan isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan menyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Kahn Mumatdz sudah meninggal dunia karena tenggelam.

2. Kedutaan Besar RI di Swiss menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Emmeril Kahn Mumtadz dari yang bermula berstatus mencari orang hilang nenjadi status mencari orang yang tenggelam.