DPD RI Ingatkan Lima Pj Gubernur Yang Baru Dilantik Jangan Berpolitik Praktis

Husnie, otonominews.co.id
Kamis, 12 Mei 2022 | 17:14 WIB


DPD RI Ingatkan Lima Pj Gubernur Yang Baru Dilantik Jangan Berpolitik Praktis
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin

JAKARTA, (otonominews) -- Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin menyampaikan selamat dan proffisiat atas dilantiknya lima Pejabat (Pj) Gubernur oleh kementerian Dalam Negeri pada Kamis (12/05).

"Kami mengucapkan selamat dan proffisiat atas dilantiknya lima orang Pj Gubernur yang ditugaskan oleh pemerintah untuk mengisi kekosongan kepemimpinan daerah di lima provinsi. Dengan masa jabatan Pj Gubernur yang terbilang sangat lama, kita ingin beliau-beliau ini mampu menjawab keraguan publik dengan karya dan mampu melalukan terobosan dalam proses mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah yang dipimpinnya masing-masing", ungkap mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu melalui keterangan resminya pada Kamis (12/04) petang.

Menurutnya, sebagai Pj Gubernur yang ditunjuk melalui proses politik birokrasi, diharapkan mampu memberikan solusi alternatif dalam proses pembangunan daerah secara lebih baik. Saya kira waktu dua tahun cukup panjang bagi Pj Gubernur untuk melakukan perubahan yang signifikan di daerah.

"Meskipun tidak ditunjuk langsung oleh masyarakat daerah melalui proses politik yang demokratis, jangan sampai kita menganggap jabatan tersebut hanya sebagai formalitas belaka. Kita tentu berharap agar jabatan itu tidak dimanfaatkan oleh elit politik sebagai peluang politik praktis dalam kontestasi politik ke depannya", tegas Sultan.

Sehingga Sultan mengingatkan agar para Pj kepala daerah berkomitmen menjalankan tugasnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Diketahui, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, melantik penjabat (Pj) kepala daerah Kamis (12/5) pagi ini. Total ada 5 Pj gubernur yang dilantik yakni Gubernur Banten, Gorontalo, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi dan Papua Barat.