Wisatawan Domestik ke Bali Menurun Pasca Lebaran

hen, otonominews.co.id
Rabu, 11 Mei 2022 | 10:25 WIB


Wisatawan Domestik ke Bali Menurun Pasca Lebaran
Ilustrasi.(ist)

BALI (Otonominews) - Dinas Pariwisata Provinsi Bali mengungkapkan, pasca lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan lokal (domestik) ke Pulau Bali terus menurun.

Menurut Kasi Pengembangan Pasar Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Gunandika, penurunan terjadi setiap hari sejak H+1 Lebaran atau 4 Mei 2022.

Ia mengatakan, penurunan kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Dewata ini tercatat pada tiga pintu yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai; Pelabuhan Padangbai, Karangasem; dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana;

"Kalau rata-rata selama Lebaran wisatawan domestik 39 hingga 40 ribu ke Bali dalam satu hari. Jadi, setelah Lebaran pada tanggal 4 Mei terus turun dan sekarang sudah sampai 30 dan 32 ribu, karena setiap hari turun," kata Gunandika saat dihubungi Selasa (10/4).

Gunandika memaparkan, penurunan jumlah kunjungan wisatawan domestik berkisar antara 2 ribu hingga 3 ribu atau sekitar 10 persen setiap hari.

"Kalau rata-rata 10 persen setiap hari. Dan itu wajar kalau domestik karena dia sudah balik dan dan pulangnya mereka tidak bersamaan," imbuhnya.

Gunandika menjelaskan, Dinas Pariwisata Bali belum bisa memprediksi sampai kapan penurunan jumlah kunjungan akan terjadi. Namun, mengacu pada kunjungan wisatawan domestik ke Bali sebelum momen Lebaran mencapai 25 ribu orang per hari.

"Kalau domestik rata-rata empat hari liburan di Bali. Karena sebelum libur lebaran 25 ribu orang per hari," jelasnya.

Sementara, untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali sudah mencapai 4 ribu orang per hari. Jumlahnya naik dari angka sebelumnya yang hanya 2 ribu orang per hari.

"Kalau wisman tidak turun dan tidak terpengaruh momen Lebaran, sekarang sudah 4 ribuan per hari. Tapi, naik turun (kadang) 3.800 tapi rata-rata 4 ribuan, kalau internasional malah stabil dan naik, tapi tidak sebesar kedatangan domestik," ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap optimis kunjungan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara kembali naik pada Juni 2022. Alasannya, saat itu ada event pesta kesenian Bali yang bisa menarik wisatawan datang ke Pulau Dewata.

"Selain itu, bulan itu sudah masuk libur sekolah," pungkasnya.