5 Wilayah Zona Merah Omicron, Jakarta bakal Mikro Lockdown

hen, otonominews.co.id
Jumat, 21 Januari 2022 | 09:42 WIB


5 Wilayah Zona Merah Omicron, Jakarta bakal Mikro Lockdown
Salah satu wilayah Jakarta zona merah varian Omicron.(ist)

JAKARTA (Otonominews) – Provinsi DKI Jakarta bakal menerapkan micro lockdown, menyusul adanya 5 wilayah yang masuk katagori zona merah penyebaran virus covid-19 varian omicron. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan micro lockdown salah satu langkah mencegah penyebaran virus corona tersebut..

"Ya salah satu penangananya kan di-micro-lockdown salah satunya. Selain di situ ditingkatkan active case finding, 3T-nya semua lah teman-teman sudah hafal, sudah tahu apa tahapan-tahapannya," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Pemerintah pusat hingga daerah, kata Wagub,  sudah mengeluarkan aturan dan instruksi terkait penerapan PPKM. Dia menyebut langkah selanjutnya adalah memastikan agar aturan dan instruksi tersebut dipatuhi.

"Sudah jelas instruksi Mendagri, sudah jelas dari pemerintah pusat, semua, aturan sudah dilakukan. Sekarang tinggal kita pastikan patuhi taat pada aturan ketentuan perintah yang sudah disampaikan," imbuhnya.

Ia menjelaskan, data Kementerian Kesehatan, saat ini ada 174 kasus transmisi lokal Omicron. Dari 174 kasus tersebut, 87 persen atau 152 di antaranya berada di Jakarta.

Riza menuturkan hal ini tidak dianggap enteng. Pemprov DKI, menurut dia, bersama pemerintah pusat terus berjuang menghadapi varian omicron yang terus meningkat. 

"Tentu ini jadi perhatian kita bersama, tidak bermaksud menganggap enteng, apalagi membiarkannya. Tentu kami bersama pemerintah pusat, Satgas, bersama semua jajaran dengan masyarakat bersatu terus berjuang menghadapi pandemi Covid khusus varian omicron yang semakin meningkat," katanya.

DIketahui, daerah dengan kategori merah mencatat lebih dari delapan pasien Omicron ialah Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Kecamatan Cilandak, dan Senen. Sementara wilayah kuning melaporkan 1-7 pasien Omicron. Ada beberapa wilayah yang masih berstatus hijau, seperti Menteng, Pulo Gadung, Pancoran, Kramat Jati, hingga Ciracas.