Antisipasi Kesulitan Dana Saat Melahirkan

Roni Sampir: Program Tabungan Ibu Hamil Butuh Kolaborasi PKK dan Pemda

Wie, otonominews.co.id
Minggu, 25 Juli 2021 | 16:54 WIB


Roni Sampir: Program Tabungan Ibu Hamil Butuh Kolaborasi PKK dan Pemda
Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, DR. Roni  Sampir

KABGOR, (otonominews)  -- Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, DR. Roni  Sampir tengah mensosialisasikan program bagi masyarakat terutama bagi ibu hamil (Bumil). Program itu tentu untuk memberikan memotivasi masyarakat, terutama ibu hamil untuk menyisihkan sebagian uangnya di tabung sebagai persiapan persalinan.

Kata Roni Sampir, menyambut kehadiran sang buah hati tentu bagi orang tua sudah harus mempersiapkan segala hal.  Calon orang tua selain menjaga kesehatan dirinya dan bayi tapi yang terpenting lagi menyisihkan dana untuk kehamilan demi kelahiran anak. 

Dana ini, sambungnya,  tentunya seperti pemeriksaan berkala ke dokter,asupan nutrisi ibu dan anak, mempersiapkan dana untuk perlengkapan  bayi setalah sang bayi lahir. 

“Melalui tabungan bumil diharapkan saat melahirkan, tidak mengalami kesulitan biaya persalinan karena sudah ada dana tabungan. Kegiatan ini adalah upaya yang sangat baik untuk menurunkan angka kematian ibu,” ujar Roni Sampir, saat Rakerda PKK Kabupaten Gorontalo, pekan kemarin.

Tujuannya, ungkap Roni, menurunkan angka kematian ibu dan bayi di daerah ini, meningkatkan Kesehatan masyarakat terutama ibu hamil.

Roni Sampir menyampaikan, program tabungan bagi ibu hamil butuh kolaborasi PKK sebagai mitra pemerintah daerah. Kolaborasi peran PKK baik tingkat kecamatan maupun di desa.

“Peran PKK  lebih pada pemberian edukasi, untuk bagaimana mengajak ibu hamil  saat usia kehamilan agar tidak kesulitan biaya saat melahirkan nanti, maka ibu-ibu hamil di edukasi, diajak untuk menabung,” Imbuhnya.

Memang, kata Roni, sejak awal program pemerintah untuk menunjang Kesehatan ibu hamil dan balita sudah ada. namun alangkah baiknya bagi masyarakat terutama orang tua/ ibu hamil  agar tidak mengalami kesulitan pada saat melahirkan dan merawat balita dana itu pun sudah memang harus dipersiapkan.

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada semua jajaran pengurus Tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, PKK kecamatan dan PKK desa.  Peran PKK sangat besar yang hingga hari ini berkomitem dalam rangka penanganan penurunan Stunting, penurunan angka kematian bu hamil dan balita.

“Dalam pertemuan ini sudah ada kesepakatan PKK sebagai mitra pemerintah daerah baik peran pkk  penangnan stunting serta penanganan pencegahan covid-19. PKK sudah merumuskan program didalam menurunkan dan penanganan kedua permasalahan itu, baik stunting maupun pencegahan covid -19 diwilayah Kabupaten Gorontalo,” pungkasnya.