Ganjar Pranowo: Capai Herd Immunity, Jateng Butuh 2 Juta Dosis Vaksin Setiap Minggu 

hen, otonominews.co.id
Selasa, 20 Juli 2021 | 16:25 WIB


Ganjar Pranowo: Capai Herd Immunity, Jateng Butuh 2 Juta Dosis Vaksin Setiap Minggu 
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.(ist)

SEMARANG (Otonominews.co.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, dari target 28,2 juta masyarakat, hingga saat ini baru sekitar baru 4,5 juta orang yang mendapatkan vaksinasi.

Ganjar menjelaskan, Jawa Tengah membutuhkan sekitar 2 juta dosis vaksin Covid-19 setiap minggunya. Kebutuhan tersebut untuk memenuhi target herd immunity di akhir tahun ini. 

Soal kebutuhan vaksinasi tersebut, menurut Ganjar, juga sudah dibahas dalam rapat penanganan Covid-19 di Jawa Tengah. 

Ia menyebut ada tiga kota yang sudah cukup tinggi pencapaiannya seperti Kota Solo, Kota Magelang dan Kota Salatiga.

"[kota-kota itu] Sudah cukup tinggi, yang lain belum, kaya Banyumas, Brebes, Grobogan yang gedhe-gedhe, Cilacap, ini perlu dibantu, karena penduduknya banyak," ujar Ganjar di kantornya Senin 19 Juli 2021.

Pemprov, kata dia, saat ini sedang mempersiapkan strategi agar vaksinasi bisa dipercepat hingga 300 persen. Gubernur mengatakan sudah berkoordinasi dengan Menko Marves, Luhut Pandjaitan soal alokasi vaksin lebih banyak.

"Kalau hitung sekarang kita baru dapatkan alokasi 1/5 target. Saya ditelpon pak Luhut, saya siapkan itu, maka kita dorong alokasi lebih banyak. Seminggu dua jutaan," kata dia. 

Ganjar menambahkan, jika bisa mendapatkan 2 juta lebih dosisi dalam seminggu, Jawa Tengah bisa capai target lebih cepat. 

"Pencapaian herd immunity akhir tahun 70 persen bisa tercapai," kata Ganjar.