Beri Penghormatan Terakhir untuk Saefullah

Anies Baswedan: Selamat Jalan Putra Terbaik Jakarta, Tempatmu Terhormat

Husnie, otonominews.co.id
Rabu, 16 September 2020 | 16:29 WIB


Anies Baswedan: Selamat Jalan Putra Terbaik Jakarta, Tempatmu Terhormat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara pelepasan Sekda DKI, Saefullah
JAKARTA (otonominews) -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara pelepasan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah.  Di depan pendopo Balai Kota terparkir mobil jenazah milik dinas pertamanan dan kehutanan. Jajaran pejabat DKI dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta ikut melepas kepergian mantan Wali Kota Jakarta Pusat  ini.

Selain itu, tampak Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi, Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Dalam sambutannya Anies mengenang dan sekaligus bersaksi bahwa sosok Almarhum Sekda DKI Jakarta Saefullah yang meninggal karena virus Corona (Covid-19), adalah pribadi yang sangat baik dan pekerja keras. Anies juga menyebut Saefullah sebagai pribadi yang shaleh.

"Bapak Saefullah adalah pribadi yang baik, pekerja keras mengutamakan semua tugas yang diembankan kepadanya," ujar Anies saat memberi sambutan dalam upacara penghormatan terakhir di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Lebih lanjut Anies mengatakan, semasa hidupnya, Saefullah merupakan sosok yang sepenuh hati dalam bekerja. Sebagai birokrat yang tidak pernah izin pulang lebih awal saat menghadiri rapat karena alasan sakit

Atas kinerjanya beberapa permasalahan di Ibu Kota bisa diatasi. Tetapi, Saefullah bersikap berbeda pada Senin (7/9/2020) pekan lalu, ketika menghadiri sidang paripurna bersama anggota DPRD DKI.

Dia mengirim pesan kepada Anies dan menginformasikan bahwa dirinya harus meninggalkan sidang paripurna karena sakit.

"Hari Senin seminggu yang lalu, di tengah sidang paripurna DPRD, Bapak Saefullah mengirimkan sebuah teks. Pak Gub, saya mohon izin pamit karena kurang enak badan. Hingga akhirnya Allah Yang Maha Pengasih, Allah Yang Maha Penyayang membawanya pulang pada pukul 12.55 tadi siang," ucap Anies.

Anies juga menyakini jika Saefullah akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pejuang Covid-19 yang gugur dalam melaksanakan tugasnya.

"Selamat jalan putra terbaik Jakarta, kami percaya tempatmu terhormat, mulia tempatmu tertinggi," ujar Anies.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan dengan protokol Covid-19 di tanah pemakaman keluarga di Rorotan, Jakarta Utara. Saefullah meninggal dunia siang ini pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Dia sebelumnya berjuang melawan virus Corona yang dideritanya.


ARTIKEL TERKAIT