Mantan Bupati Indramayu Supendi Positif Covid-19 di Lapas Sukamiskin

Husnie, otonominews.co.id
Rabu, 16 September 2020 | 15:16 WIB


Mantan Bupati Indramayu Supendi Positif Covid-19 di Lapas Sukamiskin
Mantan Bupati Indramayu Supendi (int)
BANDUNG (otonominews) -- Mantan Bupati Indramayu Supendi, dikabarkan positif positif terpapar virus Corona (Covid-19). Saat ini, Supendi tengah menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Sukamiskin, Bandung.

Supendi yang merupakan terpidana kasus korupsi tersebut, kini mengungsi dari sel Lapas Klas I Sukamiskin, ke Rumah Sakit Hermina Bandung.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil Jawa Barat, Abdul Aries membenarkan informasi ini. Menurutnya, berdasarkan kabar yang didapat Supendi memang terpapar virus tersebut.

"Infonya begitu. Untuk langkah berikutnya yang bersangkutan diisolasi mandiri dengan koordinasi dinas kesehatan," ujar Abdul Aries, Rabu (16/9/2020).

Dia menambahkan, hasil tes swab para narapidana sepenuhnya menjadi kewenangan tim medis. "Infonya positif. Kita nunggu resmi tertulis dari Bio Farma," katanya.

Status positif itu beredar dari Satgas Kesehatan Lapas Sukamiskin yang menyatakan Supendi saat ini menjalani isolasi di kamar blok timur setelah menjalani tes usap atau swab.

Kalapas Klas 1 Sukamiskin, Thurman Hutapea mengatakan, Supendi saat ini menjalani isolasi di kamar tahanan Lapas Sukamiskin.

"Swab test beberapa hari lalu, laporan yang saya terima betul seperti itu. Cuma kita masih koordinasi dengan dokter dan tim satgas Covid-19 dulu bagaimana. Kalau dia sudah isolasi dulu untuk sementara. Selanjutnya saya akan cek laporan tertulisnya," katanya. 

Pihaknya, sambung Thurman, masih menunggu penanganan selanjutnya dari Satgas Covid-19 setelah sebelumnya melakukan koordinasi.

Thurman mengatakan sebelumnya pihak Lapas Sukamiskin juga melakukan rapid test kepada seluruh WBP. Lalu, kata Thurman, semua WBP dinyatakan non reaktif Covid-19.

Mantan Bupati Indramayu Supendi dijatuhi hukuman empat tahun enam bulan penjara dan denda Rp250 juta subsider empat bulan kurungan. 

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung menjatuhkan kepada  Supendi karena terbukti menerima suap Rp3,9 miliar dalam proyek pembangunan di Kabupaten Indramayu.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung, Sihar, menjelaskan, yang bersangkutan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana diatur dalam Pasal 12 huruf a jo Pasal 18 Undang Undang No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Supendi terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut sebagaimana dakwaan kesatu," ujar Sihar di Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung, Selasa 7 Juli 2020.


ARTIKEL TERKAIT