Cukup Bawa KTP, Ini Lokasi Tes Swab Massal di Makassar

San, otonominews.co.id
Minggu, 13 September 2020 | 09:48 WIB


Cukup Bawa KTP, Ini Lokasi Tes Swab Massal di Makassar
ilustrasi tes swab massal
MAKASSAR, (otonominews) -- Dinas Kesehatan Kota Makassar melaksanakan tes usap dahak atau swab secara massal pada 6 kecamatan di Kota Makassar yang dimulai sejak Jumat (11/9/2020). 

Swab massal ini didukung oleh Mobil PCR yang disiapkan oleh Gugus Tugas Provinsi Sulsel. Kepada masyarakat yang ingin melakukan tes swab cukup membawa identitas diri saja (KTP).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, tes swab Covid-19 ini bisa diikuti secara gratis. 

“Swab test ini diberikan kepada masyarakat secara gratis dan akan dilakukan secara bertahap di enam kecamatan episentrum," bebernya.
 
Olehnya itu, pihaknya mengimbau kepada warga agar melakukan inisiatif untuk pemeriksaan tes Swab. Ia berharap warga bisa jujur jika memang menjadi salah satu kontak erat yang terlah tertular Covid-19.

"Kita berharap dukungan penuh dari masyarakat untuk melakukan inisiatif pemeriksaan, mendatangi lokasi pelaksanaan swab massal. Karena jika memang kita ingin pandemi ini bisa segera berlalu, maka yang paling utama adalah kepatuhan melaksanaan protokol kesehatan, jujur jika pernah melakukan kontak atau memiliki gejala dan segera melakukan swab Test secara gratis yang kini difasilitasi pemerintah," tambahnya.

 Menurut Naisyah, Dinkes Makassar juga merencanakan agar kecamatan lain juga bisa dilakukan tes Swab massal. "Namun, ke depannya ini akan terus dilanjutkan ke kecamatan-kecamatan lainnya sebagai bagian dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus di Kota Makassar," katanya lagi.

Adapun jadwal dan lokasi Swab massal yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar yang berlangsung selama 6 hari yakni, hari pertama, Jumat (11/9/2020) dilaksanakan di Kantor Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini.

Hari kedua Sabtu (12/9/2020), dilaksanakan di Kantor Kecamatan Biringkanaya. Selanjutnya Swab test hari ketiga, Senin (14/9/2020), di Kantor Kecamatan Panakukang
 
Pada hari keempat, Selasa (15/9/2020) di Kantor Kecamatan Tamalate. Berikutnya hari kelima, Rabu (16/9/2020) di Kantor Kecamatan Manggala dan hari terakhir berlangsung di Lapangan Tala BTP Kecamatan Tamalanrea pada Kamis (17/9/2020).