1.910 Peserta Calon Praja IPDN Lolos Tes Kesehatan

Hen, otonominews.co.id
Sabtu, 12 September 2020 | 11:37 WIB


1.910 Peserta Calon Praja IPDN Lolos Tes Kesehatan
Salah satu calon praja IPDN sedang tes kesehatan.
JATINANGOR (Otonominews) - Sebanyak 1.910 orang peserta Tes Kesehatan Tahap I Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN (Institut Pemerintahannya Dalam Negeri) dinyatakan lulus dan berhak mengikuti rangkaian tes selanjutnya. 

Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pudokkes) Mabes Polri mengungkapkan hal ini dalam rapat pleno yang digelar pada hari kamis (10/9) di Kampus IPDN Jakarta. 

Rapat pleno penyampaian hasil tes dihadiri oleh perwakilan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Sekretariat Jenderal Kemendagri, Inspektorat Jenderal Kemendagri, BPSDM Kemendagri, Biro Pengendalian Personil, Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri serta Panitia SPCP. 

Hasil tes ini kemudian diumumkan secara resmi oleh IPDN dalam website SPCP IPDN https://spcp.ipdn.ac.id/2020. 

Peserta yang sebelumnya telah lulus tes SKD dan berhak mengikuti Tes Kesehatan Tahap I yakni sebanyak 3.022 orang, namun pada jadwal yang telah ditentukan yakni tanggal 8 s.d 9 September 2020, peserta yang hadir sejumlah 2.929 orang sedangkan sisanya yakni 93 orang tidak hadir. 

Peserta yang telah dinyatakan lulus Tes Kesehatan Tahap I akan mempersiapkan diri untuk melalui rangkaian tes selanjutnya yakni Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran. Tes ini dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 16 September 2020 di Polda masing-masing provinsi asal pendaftaran. 



Seluruh rangkaian Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran mengacu kepada MoU antara Mendagri dengan Kapolri No. 119/4349/SJ dan No. NK/23/VII/2020. 

Materi aspek psikologi pada tes ini meliputi kecerdasan, kepribadian dan sikap  kerja, sedangkan materi pada aspek  integritas  dan  kejujuran  meliputi  integritas,  inovasi, kepemimpinan,  transparansi,  produktivitas,  profesionalisme  dan  religiusitas. 

Pengumuman hasil Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran akan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2020 di laman resmi SPCP IPDN setelah sebelumnya hasil tersebut diserahkan oleh Ass. SDM Mabes Polri.

Pada rapat pleno tersebut, Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M menyampaikan bahwa 1.910 orang peserta yang dinyatakan lulus Tes Kesehatan Tahap I nantinya harus mempersiapkan diri untuk tes selanjutnya. 

"Jadi, ada 2 tahapan tes lagi yang harus dilalui oleh peserta hingga nantinya secara resmi menjadi praja IPDN yakni Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran serta Tes Pantukhir," kata Hadi.

Kedua tes ini, lanjutnya, dilaksanakan oleh Mabes Polri, Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri sedangkan Pantukhir dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri, Pusdokkes Polri dan Panitia SPCP. 

"Keseluruhan rangkaian tes SPCP dilakukan secara transparan dan akuntable, jadi masyarakat bisa memantau keseluruhan proses dari mulai pelaksanaan sampai hasil dari setiap tes yang dilakukan," ungkap Hadi Prabowo