Nelson Pomalingo: Kehidupan Harus Berjalan Normal, Cerdas Melawan Corona

Hen, otonominews.co.id
Sabtu, 12 September 2020 | 08:05 WIB


Nelson Pomalingo: Kehidupan Harus Berjalan Normal, Cerdas Melawan Corona
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.
JAKARTA (otonominews) -- Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd. menegaskan akan terus memperketat pengendalian Covid-19 di Kabupaten Gorontalo.

"Kita tidak bergembira hari ini karena dari 12 pasangan calon untuk pilkada 10 orang kena Covid di Provinsi Gorontalo termasuk di Kabupaten Gorontalo," ujar Nelson kepada otonominews di Jakarta, Jumat, (11/9/2020).

Menurutnya, Covid ini berbahaya tapi jangan menjadi risau, dan harus lawan dengan cerdas. Seperti yang dilakukan Pemda DKI Jakarta, PSBB diberlakukan kembali tapi tidak risau dan tidak panik. 

"Intinya melawan Covid itu dengan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, imun kita terus diperkuat. Olahraga, kita harus enjoy, bahagia dan sebagainya. Itulah yang dinamakan cerdas melawan corona. Itu yang disebut normal perilaku baru atau new normal. Itu kata kuncinya," kata Nelson.

Namun, menurut dia, dengan digelar PSBB kembali, dampaknya di Jakarta komunikasi ditutup.

"Maka secara spiritual kita intensif kan. Kalau ke Jakarta kita juga harus hati-hati, kita harus menjaga diri. Itu yang kita lakukan," tuturnya.

Nelson menegaskan, kehidupan harus berjalan normal dalam arti cerdas melawan corona. 

"Insya Allah itu bisa kita lakukan sambil menunggu vaksin covid di akhir tahun ini. Kalaupun di Kabupaten Gorontalo tetap terkendali tetap harus dijalankan dengan ketat," terangnya.

Memang, Nelson menjelaskan, yang menjadi problem adalah faktor pemahaman konsistensi masyarakat  kurang terjadi. Pihaknya sebagai pemerintah daerah terus melakukan protokol kesehatan disamping ekonomi tetap berjalan. 

Apalagi di Gorontalo, ekonomi berbasis pertanian. Kalau bicara pertanian tentunya ada di lahan, peternakan, ini harus tetap berjalan karena kita butuh pangan. Pangan itu juga bukan hanya untuk kebutuhan di Gorontalo tapin juga kebutuhan di daerah lain. 

"Kerumunan-kerumunan itu saya kira berlaku banyak berada di kota tapi di daerah jarang ada kerumunan. Maka aktifitas masyarakat harus tetap berjalan terutama di daerah-daerah. Yang paling utama.di Kabupaten Gorontalo bagaimana memakai masker, jaga jarak dan yang terpenting imun baik secara fisik maupun non fisik itu harus diperkuat," jelasnya.  

Nelson mengungkapkan, Covid-19  bisa kena siapapun. Maka harus antisipasi dengan protokol kesehatan.

"Kita harus jujur dengan Covid ini. Bagi  calon bupati Nelson Pomalingo: Kehidupan Harus Berjalan Normal, Cerdas Melawan Corona


Ia menjelaskan, sebagai petahana ada tiga pekerjaan utama. Pertama, menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target. Kedua, merancang program tahun 2021-2026.

"Siapapun bupatinya pekerjaan dari petahana membuat dokumen. Ketiga mengendalikan Covid. Ini tambahan. Dan yang terakhir berjuang menjadi bupati lagi," katanya.

"Petahana ada empat pekerjaan sekarang. Kalau yang lain berjuang menjadi bupati lagi.  Orang melihat petahana itu enak padahal kalau dilihat pekerjaannya makin bertambah. Kedepan karena saya sudah menjalaninya berarti saya harus tahu juga apa yang saya akan lakukan kedepan," imbuhnya.

Nelson berharap, para calon melihat tantangan dan masalah Covid ini sudah ada dalam pikirannya, bagaimana bisa dikendalikan dengan baik. Tidak sekedar kekuasaan tapi ini situasi yang beda dengan situasi yang normal. Kita ini pada posisi yang abnormal. 

"Maka ini menjadi sebuah perhatian. Soal protokol kesehatan saya sudah ada perbup nya dan itu dijalan dengan baik oleh masyarakat, ASN, pengusaha dsb. Dan itu terus kita kendalikan," pungkasnya.