Presiden RI Jokowi dan Megawati Soekarnoputri Akan Berikan Sambutan

KLB Gerindra Kukuhkan Kembali Prabowo Subianto Jadi Ketua Dewan Pembina Dan Ketua Umum

Husnie, otonominews.co.id
Sabtu, 08 Agustus 2020 | 00:19 WIB


KLB Gerindra Kukuhkan Kembali Prabowo Subianto Jadi Ketua Dewan Pembina Dan Ketua Umum
Ketua Umum Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto
JAKARTA (otonominews) -- Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra akan digelar di Hambalang, Bogor Jawa Barat pada hari Sabtu 8 Agustus 2020. Dalam KLB yang akan dibuka oleh Ketua Umum Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, rencananya Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memberikan sambutan dan ucapan selamat secara daring atau virtual.

"Rencananya dalam kongres tersebut, Ibu Hj Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan ucapan selamat dan sambutan kepada seluruh kader Partai Gerindra dalam melaksanakan kongres luar biasa secara virtual. Dan setelah itu, Presiden RI, Joko Widodo akan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan kongres tersebut," kata Ahmad Muzani dalam keterangannya, Jumat (7/8/2020).

Muzani menerangkan, Agenda KLB ini merupakan lanjutan dari keputusan Rapimnas pada tanggal 4 Juni 2020 lalu yang meminta kesediaan Prabowo untuk melanjutkan kepemimpinannya di Partai Gerindra, baik sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum.

Ia menyebutkan dalam KLB Partai Gerindra tersebut agenda yang akan dilaksanakan yakni mendengarkan laporan pertanggungjawaban dewan pimpinan pusat dan pemandangan umum. Selain itu, pada Rapimnas Prabowo juga sudah menyatakan siap dan akan melanjutkan kepemimpinan DPP Partai Gerindra. 

“Dan setelah itu puncak kongres luar biasa adalah akan kembali mengukuhkan, akan memilih dan menetapkan bapak Prabowo Subianto sebagai ketua dewan pembina dan ketua umum DPP partai Gerindra. Sehingga selama lima tahun ke depan, Gerindra tetap di bawah komando Prabowo Subianto," tambah Ahmad Muzani.

Kongres itu akan dihadiri seluruh pimpinan DPD Partai Gerindra, Dewan Pembina, Dewan Pimpinan Pusat (sebagian secara daring), dan Dewan Pimpinan Cabang tingkat kabupaten/kota, termasuk anggota DPRD Kota/Kabupaten/Provinsi secara virtual atau daring dengan tetap mengikuti peraturan protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan seluruh pengurus Gerindra di tingkat kecamatan bisa mengikuti proses Kongres Luar Biasa di kantor DPC nya masing-masing

Menurut Muzani, alasan utama adalah untuk mencegah terjadinya kerumunan di lokasi saat KLB digelar. Kata Muzani, banyak pertimbangan lain menjadi alasan, yang jika dilanjutkan khawatir akan berakibat fatal terhadap partai dan keluarga besar Gerindra.

Karena itu menurut dia, pelaksanaan KLB akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat misalnya para pengurus DPD, DPP dan Dewan Pembina yang merupakan peserta kongres, semuanya harus menjalani uji swab.

"Selanjutnya, para peserta kongres harus mengenakan masker dan sarung tangan serta rutin mencuci tangan. Uji swab yang kita lakukan kepada semua peserta kongres adalah bagian dari cara kami menaati protokol kesehatan di masa pandemi ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, di Partai Gerindra, tugas formatur adalah untuk menyempurnakan AD/ART, menyempurnakan manifesto perjuangan Partai Gerindra, menyusun dan menyempurnakan Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Penasihat. “Kemudian Ketua Umum terpilih juga menyusun program kerja dan garis kebijakan partai serta hal-hal yang bersifat strategis," pungkasnya.