Konsisten, Mendagri Hadir di Daerah Penerima Sejuta Masker

Hen, otonominews.co.id
Jumat, 07 Agustus 2020 | 10:01 WIB


Konsisten, Mendagri Hadir di Daerah Penerima Sejuta Masker
Mendagri Tito Karnavian.
REJANGLEBONG  (Otonominews) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian hadir langsung ke daerah yang terima tantangan bagikan satu juta masker. 

Hal itu disampaikannya dalam acara Launching Pengoperasian Mobile Laboratory Biosafety Level-2 dan Launching Gerakan Sejuta Masker Serta Peresmian RSUD Curup di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Kamis (06/08/2020).

“Kemudian saya minta kepada kepala daerah yang bisa bagikan di atas satu juta saya akan hadir. Disambut pertama dengan Bupati Gowa, saya datang, kemudian kemarin Bupati Indramayu 2,5 juta, saya datang, konsisten. Terus Pak Bupati Rejang Lebong, saya datang, yang kita ingin adalah kegotongroyongan solidaritas antar warga,” kata Mendagri.

Ditambahkannya, cara-cara halus dengan pendekatan penting dilakukan sebelum menggunnakan penegakan hukum. Untuk itu, pelibatan Kader PKK sesuai Instruksi Presiden dipandang efektif untuk membagikan masker dan menyosialisasikan penggunaannya.

“Perlu ada langkah soft membagi dulu, bagi, sosialisasi, gunakan berbagai jaringan termasuk perintah Bapak Presiden, dan saya sampaikan agar jaringan PKK membantu, membantu untuk penyebaran dan pembagian dan sosialisasi,” ujarnya.

Untuk pembagian masker secara door to door, Mendagri berpesan agar kader PKK menerapkan protokol kesehatan serta melibatkan kader PKK yang memiliki daya tahan tubuh kuat sehingga tak rentan tertular Covid-19.

“Untuk melakukan penyebaran sosialisasi, saran saya selaku pembina PKK yang bergerak ini harus mengerti cara menggunakan masker juga, yang kedua ya upayakan yang bergerak membagi nanti itu mereka yang kira-kira sehat dan usianya yang di bawah 50 tahun lah, karena Covid ini berbahaya kepada yang kekebalannya rendah, yang usianya di atas 50 tahun, jarang olahraga, penyakit bawaan, jangan suruh mereka bagi door to door, bahaya bagi mereka,” pesannya.