Gus Nabil: Hadi Pranoto Telah Menyesatkan Publik, Harus Ditindak Tegas

Husnie, otonominews.co.id
Rabu, 05 Agustus 2020 | 19:30 WIB


Gus Nabil: Hadi Pranoto Telah Menyesatkan Publik, Harus Ditindak Tegas
Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen
JAKARTA, (otonominews) - Pernyataan Hadi Pranoto yang mengklaim dirinya telah menemukan vaksin antibodi Covid-19 di sebuah acara yang dipandu oleh musisi Anji yang kemudian viral telah mengundang berbagai reaksi dari masyarakat. 

Banyak pihak menyayangkan klaim dari Hadi Pranoto yang dianggap tidak ilmiah dan hanya bertujuan mencari sensasi semata. 

"Harus ada tindakan tegas dari pemerintah dan aparat keamanan untuk memberikan teguran, dan punishment atas penyesatan informasi publik," ujar anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen, Rabu (5/8/2020). 

Menurut politisi yang akrab disapa Gus Nabil, Hadi Pranoto telah menyesatkan publik, dan dampaknya cukup besar. 

"Pihak musisi Anji, yang memberi ruang/channel youtube juga harus diberi teguran dan bahkan hukuman, jika terbukti melanggar hukum, merugikan negara dalam penyesatan informasi," imbuhnya. 

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini menyarankan, perlu terus menerus mengkampanyekan literasi digital, sekaligus membangun kesadaran warga dalam konteks ini. 

"Program-program pemerintah bisa diarahkan ke ruang itu, dengan lebih intensif. Bentuknya, bisa menggandeng komunitas-komunitas warga untuk membangun literasi digital dalam lingkaran kecil, tapi berdampak massif," sebut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama itu. 

Gus Nabil pun mengingatkan, warga yang sadar literasi digital, harus berani untuk speak up. 

"Kita harus berani bicara, gunakan media sosial untuk berbagi inspirasi, sekaligus juga membentengi berbagai informasi negatif, atau berbagai macam hoax. Ada hal menarik, yakni gerakan massif untuk memberi jempol ke bawah, sebagai bentuk kritikan, atas informasi-informasi hoax yang beredar di ruang sirkulasi digital kita," pungkas legislator asal Dapil Jateng 5 itu. 


ARTIKEL TERKAIT