Capai Rekor, Provinsi Riau ada 71 Kasus Positif Covid, 32 Orang dari Kampar

Husnie, otonominews.co.id
Rabu, 05 Agustus 2020 | 06:22 WIB


Capai Rekor, Provinsi Riau ada 71 Kasus Positif Covid, 32 Orang dari Kampar
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir
PEKANBARU (otonominews) - Terkonfirmasi positif di Provinsi Riau mencapai rekor, dengan total 71 orang. Seluruh jumlah itu, dirangkum dari empat Kabupaten dan satu Kota Madya yakni Pekanbaru.

"Dari penambahan ini, jumlah terbanyak terkonfirmasi dari Kampar, dengan total 32 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (4/8/2020).

Rinciannya, sambung Mimi, dari 32 dari Kampar positif ini terbanyak dari hasil swab masal tenaga kesehatan, mulai dari dokter, perawat, hingga tenaga kebersihan di Rumah Sakit. 

'"Ada juga nakes terpapar Covid, seperti manajemennya, bagian medik, yang menolong membersihkan ruangan dan lainnya,'' jelas Mimi Yuliani.

Posisi kedua terbanyak dari Siak, berjumlah 13 orang. Kemudian, dari Pekanbaru berjumlah 11 orang. 

Selanjutnya, 9 orang dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan masing-masing tiga dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan tiga dari luar Provinsi Riau.

Dia mengatakan, rata-rata mereka yang terkonfirmasi positif berasal dari kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. 
 
Kadis juga menyebutkan, dari beberapa orang yang terkonfirmasi positif hari ini, banyak juga merupakan dari tenaga kesehatan (nakes). ''Mereka yang positif hari ini, banyak nakes,'' jelas Mimi.

Selain itu, mereka yang positif juga dari penambahan hasil rapid tes rekatif dan ditindak lanjuti dengan hasil swab PCR.

''Selain itu, ada juga penambahan dan swab mandiri, dengan persyaratan mendapatkan pekerjaan di Provinsi Riau,'' ungkap Kadiskes.