Harganas 2020, Wabup Keerom: Keluarga Miliki Peran Penting Berbangsa dan Bernegara

Frida Fodju, otonominews.co.id
Selasa, 30 Juni 2020 | 10:21 WIB


Harganas 2020, Wabup Keerom: Keluarga Miliki Peran Penting Berbangsa dan Bernegara
Baksos untuk keluarga-keluarga terdampak Covid-19

KEEROM (otonominews) -- Hari Keluarga Nasional (Harganas)  yang diperingati setiap 29 Juni membuat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Keerom, Papua turut ambil bagian.
Sebagai Ketua GOW Keerom Ny Yani Frank Gusbager ST tidak mau ketinggalan bersama organisasinya antusias  memperingati Harganas  di Balai Kampung Wiantre, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Senin (29/6).

Harganas memasuki 27 tahun ini, GOW Keerom menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) untuk keluarga-keluarga terdampak Covid-19,  terutama untuk  kalangan lanjut usia (lansia) dan difabel (keterbatasan fisik) dengan memberikan sembilan bahan pokok (sembako) sebanyak 60 paket. 

Bukan itu saja, GOW Keerom juga menggelar kegiatan khitan massal terhadap 30 anak dengan cara khitan laser serta pemberian bingkisan dan uang.
Acara dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Keerom Piter Gusbager SHut, MUP dengan menyerahkan bantuan kepada mereka yang terpilih. 

Acara juga dihadiri Ketua PKK Kampung Wiantre (Kepala Kampung) Lerviana Sitanggang, Kapolsek Skanto Ipda Syamsudin,  Danramil Skanto Kapten Sannu, dan para tokoh masyarakat Skanto.

Ketua GOW Keerom Yani Frank Gusbager  ST mengatakan, harapan kami melalui kegiatan bhaksos ini juga  berusaha membantu meringankan keluarga di masa pandemi Covid-19, sekaligus mengingatkan kembali bahwa peran keluarga sangat penting bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan fungsi lainnya.

"Bhaksos GOW dalam rangka Hargana ke 27 tahun ini memiliki beberapa tujuan. Pertama untuk membantu masyarakat atau keluarga kurang mampu di masa pandemi Covid-19. Karena kita tahu Covid ini sangat memukul perekonimian keluarga, maka GOW menggelar bhaksos berupa penyerahan sembako serta membantu anak-anak yang sudah waktunya dikhitan untuk bisa dikhitan secara gratis,’’ ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Harganas adalah momentum untuk mengingat kembali peran penting keluarga bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena,  kegiatan ini akan diteruskan di beberapa kampung di distrik lainnya.

‘’Harganas kali ini, kita ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa peran keluarga itu sentral dalam kehidupan berbangsa. Di antara banyak fungsi, salah satu yang penting adalah pembinaan SDM dan karakternya, maka marilah kita jadikan keluarga-keluarga di Keerom keluarga yang sehat dan kuat. Sehingga, gilirannya memiliki SDM yang kuat dan berkualitas,’’ ucap Yani.

Sementara Wabup Keerom Piter Gusbager  mengemukakan bahwa kegiatan Harganas adalah kegiatan yang penting serta memberikan pesan kepada masyarakat bahwa keluarga memiliki peran penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

‘’Karena, dengan dasar keluarga yang sehat dan kuat maka akan berdiri negara yang sehat dan kuat. Hanya dengan keluaraga yang kuat akan ada tatanan kehidupan yang baik. Maka mari kita kembali ke keluarga, apalagi di masa pandemi Covid -19 keluarga menjadi tempat sandaran yang kuat. Di mana kita merasa dicintai dan juga mencintai. Mari melalui Harganas, Pemkab Keerom mengajak setiap warga di Keerom menjaga, memupuk keluarga masing-masing menjadi keluarga yang kuat dan menemukan tempat surga, di bumi ini adalah keluarga,’’ tutur Wabup.

Kesempatan yang sama, Kepala Kampung Wiantre Ny Lerviana Sitanggang menyampaikan terimakasih atas kegiatan Bhaksos GOW Keerom dalam rangka Harganas di kampungnya.

‘’Kami dari Kampung Wiantre menyampaikan terima kasih kepada GOW Keerom yang menggelar Harganas disini, karena bhakti sosial pembagian sembako dan sunatan massal yang dilaksanakan sangat membantu keluarga-keluarga di Wiantre. Sebagaimana kita tahu, di masa Pandemi Covid-19 ini, bagi keluarga di Wiantre yang sebagian besar adalah petani sangat terdampak covid, juga saat ini harga produk pertanian dan kebun juga sangat jatuh dan harga pun jatuh. S,ehingga bantuan ini sangat bermanfaat bagi keluarga di Wiantre, semoga sukses untuk GOW Keerom,’’ ucapnya.

Sementara itu, salah seorang anak yang dikhitan, Fikri, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan khitan massal tersebut. 
‘’Sangat senang dan terima kasih untuk GOW,’’ terang Fikri. (arief nugroho)



ARTIKEL TERKAIT