Jasa Administrasi Untuk Mitra Binaan Lainnya

Bantu UMKM, Anna: Pertamina Berikan Pinjaman hingga Rp200 Juta tanpa Bunga

Husnie, otonominews.co.id
Kamis, 25 Juni 2020 | 05:38 WIB


Bantu UMKM, Anna: Pertamina Berikan Pinjaman hingga Rp200 Juta tanpa Bunga
Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti

JAKARTA (otonominews) -- PT Pertamina (Persero) berkomitmen membantu meringankan beban usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di antaranya Pertamina memberikan pinjaman modal tanpa bunga.

"Kita tidak ada bunga. Tapi kita menyebutnya jasa administrasi (sebesar) 3 persen per tahun," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti, dalam Webinar yang digelar IndonesiaX dan Nusantara Kreatif, Selasa (23/6/2020). 

Anna menjelaskan jasa administrasi tersebut tidak digunakan untuk kepentingan Pertamina. Akan tetapi jasa administrasi tersebut dikembalikan lagi untuk kepentingan mitra binaan lainnya.

"Selain itu jumlah pinjaman yang kami berikan maksimal Rp200 juta," ujar Anna.

Namun pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu terkait beberapa hal. Antara lain, lokasi usaha dan lain sebagainya.

"Dari hasil survei, kita akan menanyakan ke calon mitra binaan berapa kemampuan membayar setiap bulannya. Karena orientasi kami adalah tidak akan memberatkan mitra binaan kita," tegas dia.

Anna menambahkan, pihaknya sangat ingin UMKM dapat mandiri, tangguh, berkembang dan naik kelas. Pihaknya tidak sekadar memberikan tambahan modal.

Pihaknya juga berkomitmen melakukan pembinaan terhadap UMKM yang telah menjadi mitra binaan Pertamina. Antara lain, Pertamina menggelar berbagai pelatihan dan memberikan akses pameran yang bersifat lokal hingga internasional.

"Dapat kami informasikan, program kemitraan ini telah dimulai sejak 1993. untuk di Jawa Tengah, dari 1993-sekarang, mitra binaan kami sudah 8.542 mitra binaan dengan total penyaluran Rp284,5 miliar. Sedangkan penyaluran tahun 2020 hingga Mei ini, kami sudah mencatat 64 mitra binaan," terang Anna.

Meskipun di tengah pandemi, Pertamina tetap melayani proposal dari UMKM yang ingin bergabung. Pertamina akan memanfaatkan pelayanan secara online.

Anna mengimbau UMKM yang ingin bergabung menjadi mitra binaan Pertamina dapat melayangkan proposal melalui situs resmi pertamina. Yakni, pertamina.com/id/program-kemitraan. Anna meyakini proses pengajuan ini tidak akan sulit.

"Menurut saya simpel banget. Kita sudah siapkan linknya, donwload, isi data pemohon, data usaha dan lain-lain serta dan sejumlah persyaratan lainnya," kata Anna.

Seperti diketahui, Pertamina sebagai salah satu BUMN menyasar UMKM khusus di 8 sektor. Terdiri dari industri, perdagangan, perikanan, perkebunan, pertanian, perikanan, jasa dan lainnya.

Sementara kriteria UMKM yang dapat menjadi mitra binaan, di antaranya kegiatan usaha sudah berjalan minimal 6 bulan, memiliki aset di luar tanah dan bangunan sebesar Rp500 juta, memiliki omzet maksimal Rp2,5 miliar, potensi dikembangkan dan belum mendapat akses perbankan.

"Teman-teman UMKM bisa gabung dengan kami karena tidak ada ruginya. Kami Insya Allah akan merealisasikan dan menindaklanjuti semua proposal yang masuk dan akan kita survei," pungkas Anna.



ARTIKEL TERKAIT