BNPB Minta Dukungan Armada Gunner PMI Atasi Covid-19 di Provinsi Jawa Timur

Husnie, otonominews.co.id
Sabtu, 23 Mei 2020 | 08:06 WIB


BNPB Minta Dukungan Armada Gunner PMI Atasi Covid-19 di Provinsi Jawa Timur
Kepala BNPB Letjend Doni Monardo fan dan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK)


JAKARTA, (otonominews) -- Kepala BNPB yang juga merupakan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjend Doni Monardo meminta dukungan armada mobil Gunner Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Provinsi Jawa Timur yang saat ini mengalami kenaikan penderita Covid-19 cukup signifikan. Permintaan tersebut disampaikan Doni saat mengunjungi Gudang Darurat Penanaganan Covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2020). 

“Strategi yang sudah dilakukan PMI dengan melakukan penyemprotan disinfektan sangat strategis, sangat membantu untuk memutus mata rantai penularan. Untuk itu setelah lebaran ini kami akan minta dukungan Palang Merah Indonesia untuk mengerahkan sebagian armadanya (Gunner) ke jawa timur untuk memberikan penyiraman cairan disinfektan yang juga sekaligus tentunya diharapkan bisa lebih efektif terutama di jalan jalan dan juga di areal publik termasuk rumah ibadah, atau di tempat yang pernah terjadi penularan,” ujar Doni. 

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan PMI akan selalu siap siaga dengan fasilitas yang dimilikinya untuk membantu pemerintah memerangi wabah Covid-19. 

“Kita bekerja bersama, membantu pemerintah membantu masyarakat secara keseluruhan, karena ini perang total. Semua orang mempunyai tanggung jawab. Masyarakat tugasnya tinggal dan kerja di rumah, dan berusaha mencegah penularannya. Dan bagi yang mampu berbuat sesuatu harus berusaha memerangi virus ini secara bersama sama. Karena itu PMI berkenan dengan fasilitas ada mencegah dampaknya mengurangi penularannya, mitigasi yang keras. Supaya seluruh Indonesia aman,"  tegas JK. 

Komite operasi pencegahan Covid-19, Husain Abdullah menjelaskan terkait teknis dukungan armada Gunner PMI ke Provinsi Jawa Timur, PMI akan mengirimkan 5 armada Gunner tambahan untuk memperkuat 2 armada yang sebelumnya telah beroperasi di Surabaya dan sekitarnya. 

"PMI akan segera mengirim tambahan 5 unit Gunner untuk memperkuat 2 armada yang sebelumnya telah beroperasi di kota Surabaya dan sekitarnya.  Sehingga total Gunner yang beroperasi di Provinsi jawa timur menjadi 7 unit. Semoga  pengoperasian Gunner tersebut, dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya," terang Husain.

Palang Merah Indonesia saat ini memiliki puluhan armada mobil Gunner dengan kapasitas 5000 liter yang dapat menyemprotkan cairan disinfektan secara massif. Upaya penyemprotan dengan menggunakan mobil gunner dianggap sangat efektif untuk membunuh virus pada area publik yang ditengarai sebagai tempat berlabuhnya virus, sehingga mata rantai penularan virus dapat diputus.


ARTIKEL TERKAIT