Alasan Keamanan, Habib Bahar bin Smith Dipindah ke Lapas Batu Nusakambangan

Husnie, otonominews.co.id
Rabu, 20 Mei 2020 | 10:48 WIB


Alasan Keamanan, Habib Bahar bin Smith Dipindah ke Lapas Batu Nusakambangan
Habib Bahar bin Smith dijemput petugas untuk dibawa ke Lapas Gunung Sindur, Selasa (19/5/2020) (foto: dok Humas)


JAKARTA, (otonominews) -‐ Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Aliwiyin, Habib Bahar bin Smith dipindahkan dari Lapas Khusus Gunung Sindur ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Batu Nusa Kambangan. 

Demikian dijelaskan Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Rika Aprianti.

Pemindahan Habib Bahar bin Smith dilakukan pada hari Selasa malam, (19/5/2020) dengan pengawalan Kepolisian dan jajaran Pemasyarakatan. Yang bersangkutan telah kembali menjalankan sisa pidana sejak tanggal 19 Mei 2020.
 
"Habib Bahar telah dipindahkan dari Lapas Khusus Gunung Sindur ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada hari Selasa, tanggal 19 Mei dengan pengawalan Kepolisian dan jajaran Pemasyarakatan," ujar Rika Aprianti lewat keterangan tertulis, Rabu (20/5/2020).

Awalnya Habib Bahar bin Smith diputuskan menjadi warga binaan Lapas Gunung Sindur. Namun, sejak Habib Bahar Smith dititipkan di Lapas Gunung Sindur, simpatisan dan pendukung sempat berdatangan dan melakukan perusakan terhadap fasilitas lapas. Mereka juga melakukan tindakan provokatif.

Menurut Rika, kerumunan massa simpatisan dengan jumlah besar itu juga melanggar protokol penanganan Covid-19 dan dikhawatirkan dapat menyebabkan penyebaran Covid-19.

"Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar, berkerumun berteriak-teriak dan melakukan tindakan provokatif yang menyebabkan perusakan fasilitas negara berupa pagar lembaga pemasyarakatan," kata Rika.

Rika menuturkan, pemindahan Habib Bahar ke Nusakambangan murni untuk kepentingan pengamanan dan pembinaan Bahar sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap asimilasi yang telah diberikan.

Sementara itu, Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa menjelaskan, alasan pemindahan untuk kepentingan keamanan, ketertiban dan pembinaan bagi Habib Bahar serta gangguan keamanan dan ketertiban yang ditimbulkan oleh aksi massa simpatisan.

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusa Kambangan," jelas Reynhard kepada wartawan, Rabu.

Diberitakan sebelumnya, Habib Bahar Smith kembali ditahan di Lapas Gunung Sindur pada Selasa dini hari kemarin setelah sempat dikeluarkan dari Lapas Cibinong lewat program asimilasi pada Sabtu (16/5/2020) lalu.

Habib Bahar bin Smith dinyatakan telah melanggar syarat khusus asimilasi, sebagaimana diatur dalam pasal 136 ayat 2 huruf e Permenkumham nomor 3 tahun 2018.

Asimilasinya pun dicabut dan selanjutnya diperintahkan untuk dimasukkan kembali ke dalam Lembaga pemasyarakatan untuk menjalani sisa pidananya.


ARTIKEL TERKAIT