Kasus Positif Covid-19 Makin Melonjak, Yuri: Jaga Jarak dan Rajin Cuci Tangan

Syarifah , otonominews.co.id
Rabu, 25 Maret 2020 | 17:19 WIB


Kasus Positif Covid-19 Makin Melonjak, Yuri: Jaga Jarak dan Rajin Cuci Tangan
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

JAKARTA, (Otonominews) - Pemerintah kembali mengupdate jumlah kasus positif Covid-1 tertanggal 25 Maret 2020. Ada penambahan lagi sebanyak 105 kasus positif sehingga total mencapai 790 kasus. 

Sementara itu, pasien yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 3 orang hingga mencapai 58 orang. Pasien yang telah dinyatakan sembuh sendiri, mencapai 31 orang, itu artinya ada penambahan satu orang dari total sebelumnya. 

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan, ada dua hal yang dapat mencegah wabah penyakit ini semakin membesar, yakni jaga jarak atau kontak interaksi sosial. Bukan hanya di luar rumah, di dalam rumah pun diupayakan untuk bisa menjaga jarak. 

Selanjutnya, jika ada yang sakit, sebaiknya gunakan masker dan yang lebih penting, jangan lupa untuk mencuci tangan pakai sabun.

"Tidak harus hand sanitizer, jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding dengan menggunakan hand sanitizer. Karena dengan sabun kita akan menggunakan air yang mengalir dan kita bisa membasuh seluruh celah-celah kuku dan sebagainya dengan baik," jelasnya. 

Ia mengungkapkan, menggunakan hand sanitizer memang banyak dilakukan sebagian orang saat ini, karena terbilang praktis. Namun cara itu dinilai kurang efektif jika dibandingkan cuci tangan. 

"Mungkin telapaknya saja yang bisa dibersihkan, sementara punggung tangan dan sela-sela lebih sering tidak dibersihkan. Oleh karena itu kembali lagi jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun," tandas Yuri.