Sebelum Masuk Kantor, Masyarakat Diberi Layanan Cuci Tangan dan Tes Suhu Tubuh

Bupati Nelson Pastikan, Semua Lini Siap Antisipasi COVID-19

Rayu, otonominews.co.id
Selasa, 24 Maret 2020 | 13:35 WIB


Bupati Nelson Pastikan, Semua Lini Siap Antisipasi COVID-19
Bupati Gorontalo Prof Dr Ir H. Nelson Pomalingo, M.Pd., Saat Meninjau RSUD Limboto Di Dampingin oleh Kepala Dinas Kesehatan Dr. Roni Sampir

LIMBOTO, (otonominews) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Limboto,  Kabupaten Gorontalo mempersiapkan sembilan ruangan untuk menampung pasien yang terpapar corona virus Desease 2019 atau COVID-19 di Kabupaten Gorontalo. 

Hal tersebut dipaparkan Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.pd., terkait kesiapan rumah sakit yang menjadi rujukan pasien yang terpapar viru asal Kota Wuhan, Provisi Hubei, Tiongkok, China tersebut. 

"Semua sudah kita persiapkan. Ada 9 ruang ICU Corona yang sudah siap digunakan. Satu ruangan untuk tujuh pasien dan dua ruangan untuk sendiri-sendiri," jelas Nelson Pomalingo di RSUD Limboto, Selasa (24/03/2020). 

Kunjungan Nelson Pomalingo ke RSUD Limboto didampingi Sekretaris Daerah, Ir. Hadijah U Tayeb, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Roni Sampir, Direktur RSUD Limboto Dr. Irawan, serta sejumlah Pimpinan OPD. 

Lebih jauh Nelson Pomalingo mengatakan, sebagai tempat pertama penaganan pasien COVID-19, maka itu dimulai dari sana yakni Rumah sakit. 

"Melakukan penanganan, pemeriksaan, dan penyembuhan. Sambil juga ada yang kita rujuk, kita awasi atau kita pantau. Tenaga medis juga sudah kita siapkan. Dokternya, perawatnya, bahkan APD (alat pengaman diri) juga sudah siap," jelasnya. 



Tak hanya itu, Bupati Nelson mengaku juga sudah mempersiapkan insentif bagi paramedis yang bertugas menangani pasien yang terpapar COVID-19.

”Kita siap insentif. Dananya bersumber dari pusat dan daerah. Kita juga menyiapkan asupan makanan bergizi bagi mereka yang bertugas di garda terdepan penangangan kasus COVID-19 ini. Saya tidak ingin mereka terpapar di saat harus menangani pasien. Kasihan mereka,” tegas Nelson Pomalingo. 

Selain rumah sakit, sarana lain tak luput dari perhatian Nelson Pomalingo untuk memastikan COVID-19 tidak menyebar di wilayahnya. Dirinya juga memastikan, kantor-kantor OPD pun dimaksimalkan kesiapannya. 

Sistem protokol kantor-kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga disiapkan dengan baik. Mulai dari penyiapan alat cuci tangan, hand sanitizer, alat tes suhu badan, hingga penyemprotan disinfektan.

Sejumlah kantor yang ditinjau oleh Nelson Pomalingo antara lain, Dinas Kesehatan, Perpustakaan, Dinas Sosial, Badan Kesbang, serta Gedung Farmasi Kabupaten Gorontalo.

"Kita harus atur protokol sistem pelayanan. Masyarakat yang dilayani sebelum masuk kantor diarahkan ke tempat cuci tangan, kemudian dilakukan tes suhu badan, jangan bersalaman. Diupayakan untuk menjaga jarak dan yang terpenting lagi kebersihan lingkungan kantor harus tetap dijaga,” urai Bupati Nelson.

Dari pantauan dalam kunjungan Bupati Nelson, sejumlah Kantor itu sudah siap dengan sistem Protokol yang disarankan. Selain itu Nelson Pomalingo juga memastikan seluruh area benar-benar siap. Seperti Media Center Gugus Penaganan COVID-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. Menurut dia, media center itu adalah pusat informasi gugus tugas yang berkaitan dengan COVID-19.

"Di sini ada data, berapa jumlah masyarakat yang terindikasi atau yang sudah positif terdampak. Perlu saya tegaskan lagi, hingga kini tidak ada yang positif corona apalagi meninggal terkait corona. Insya Allah ini tetap terjaga dan kalau dapat semua masyarakat dihindarkan dari virus corona itu,” harapnya. 

Oleh sebab itu dirinya kembali menegaskan, agar masyarakat menjaga jarak satu sama lain, menjalani hidup sehat, membatasi interaksi dengan orang dari luar daerah. 

"Karena itu juga, kita mulai menempatkan orang-orang dari Dinas Perhubungan di bandara untuk memantau silkulasi orang yang masuk dan keluar Kabupaten Gorontalo. Semuanya harus dipantau," tegas Nelson.


ARTIKEL TERKAIT