Senator Sulsel Optimis Indonesia Mampu Lepas dari Wabah COVID-19

Iksan, otonominews.co.id
Senin, 23 Maret 2020 | 13:32 WIB


Senator Sulsel Optimis Indonesia Mampu Lepas dari Wabah COVID-19
Senator Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa

MAKASSAR, (otonominews) - Senator Sulawesi Selatan asal Toraja, Lily Amelia Salurapa optimis Indonesia mampu bangkit dan bisa lepas dari wabah viru corona atau COVID-19 yang mematikan.

"COVID-19 atau virus corona memang sangat cepat tersebarnya. Cara penyebarannya juga mudah dan bahkan tidak teridentifikasi di awal-awalnya. Sehingga berlakunya protokol kesehatan yang sudah di tetapkan selama 14 hari itu langkah cepat dari Pemda terkait dalam merespon gejala yang terjadi supaya tidak semakin menyebar," bebernya, Senin (23/03/2020).

Wakil Ketua Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) sekaligus Ketua Umum IKAT Jabodetabek itu juga mengungkapkan bahwa untuk saat ini kurang relevan jika harus meributkan soal identitas pasien yang positif corona. 

Mengingat fokus kita sekarang bukan ingin tahu terhadap siapa nama pasien tersebut, melainkan fokus saat ini adalah pada penanganan dan pencegahaan pasien yang sudah PDP, ODP ataupun masyarakat yang belum sama sekali terjangkit.

"Supaya tidak terus bertambah lagi para pasien Covid-19 dimaksud. Bahkan menurut data, Indonesia merupakan Negara di Asia Tenggara yang tertinggi jumlah korban meninggal akibat wabah ini," ujar Lily Amelia. 



Berbeda dengan negara-negara sahabat yang langsung menerapkan protokol keselamatan ketat semenjak COVID-19 ini baru muncul. Lily Amelia bahkan mengaku kagum dengan Vietnam yang mampu melakukan penyembuhan 100 persen pasiennya yang terjangkit sebelum jatuh korban jiwa.

Meski demikian, Lily Amelia yakin Indonesia bisa bangkit kembali dan lepas dari serangan virus ini. Pasalnya, dia menilai langkah pemerintah dan jajarannya sudah cukup baik.

"Walaupun saya menilai agak sedikit telat dalam hal menyiapkan obat ampuh mengobati Virus COVID-19 di antaranya Chlorokuin dan avigan. Awalnya saya pesimis terhadap pemerintah karna agak lamban dalam menangani isu COVID-19 ini, harusnya jangan korban banyak dulu baru mulai panik. Namun saya berharap permasalahan ini dapat segera terselesaikan," harapnya.

Selain itu, Lily Amelia berharap menjelang ramadhan dan Idul Fitri bencana ini cepat tertangani agar tidak berdampak pada perekonomian yang semakin lesu, terutama masyarakat yang berpenghasilan harian.


ARTIKEL TERKAIT