Terpapar Virus Corona dan Harus Diisolasi

Walikota Bima Arya Umumkan Sendiri Kondisinya pada Warga Bogor

Rayu, otonominews.co.id
Jumat, 20 Maret 2020 | 15:35 WIB


Walikota Bima Arya Umumkan Sendiri Kondisinya pada Warga Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto - IG Bima Arya

BOGOR, (otonominews) - Setelah melakukan tes kesehatan Selasa (17/03/2020) lalu, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Lewat video di akun Instagramnya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menceritakan saat pertama kali mendapat kabar dirinya terpapar virus yang berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China tersebut.

"Warga Bogor yang saya cintai, tadi sore melalui sambungan telepon, Gubernur Jawa Barat menyampaikan hasil tes Covid-19 yang saya jalani dua hari lalu. Hasilnya positif," kata Bima yang tampak berada di dalam ruangan. Bima mengenakan jaket biru dongker, Jumat (20/03/2020).

Meski tidak merasakan gejala tertentu, Bima mengikuti anjuran pemerintah agar pasien positif Corona menjalani isolasi.

"Walau tidak ada gejala signifikan hanya batuk kecil, saya memutuskan mengikuti protokol dan prosedur untuk isolasi diri dan percaya sepenuhnya pada Rumah Sakit Umum Daerah Bogor untuk menangani ini," katanya.

Bima meminta semua pihak khususnya warga Bogor tetap waspada dengan bahaya virus ini. Dia tekankan untuk selalu jaga diri dan jaga jarak serta tidak meninggalkan rumah jika tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak.

"Saya percayakan penanganan COVID-19 di Kota Bogor ini pada wakil wali kota dan jajaran pemkot yang Insya Allah bekerja maksimal," katanya.

Kepada semua orang yang mengalami kondisi ini, Bima berpesan agar tetap semangat dan dia juga memohon doa kesembuhan.

"COVID-19 ini bisa mengenai siapa saja, tapi sudah banyak yang sembuh dari ini, jadi tetap optimis mohon hati-hati. Saya juga minta doanya, ini cobaan bagi saya dan keluarga Insya Allah dikuatkan dan saya doakan warga Bogor selalu diberikan kesehatan. Insya Allah kita selalu dilindungi Allah SWT," tutup Bima.

Berinteraksi dengan Banyak Wartawan

Sebelum dinyatakan positif terjangkit virus corona atau COVID-19, Bima Arya sempat melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan, Minggu 8 Maret hingga Senin 16 Maret 2020 lalu. 

Agenda kunjungan ke negara-negara tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan Kota Bogor. Sementara Azerbaijan merupakan negara yang masuk dalam urutan ke-42 terjangkit virus Corona. 

Selama di Turki dan Azerbaijan, Bima dan rombongan mengunjungi Mall Pelayanan Publik terbaik di dunia dan menjadi rujukan Indonesia. Bima juga melakukan kerjasama di bidang wisata dan pertanian.

Sewaktu di Azerbaijan, Bima Arya melakukan video conference tanpa menggunakan masker, menerangkan kegiatannya selama kunjungan di negara itu. 

"Di sini kami belajar tentang bagaimana pelayanan publik berjalan. Kunjungan kerja ini untuk mempercepat penetrasi Mal Pelayanan Publik di Kota Bogor, karena tahun ini kami menjadi rujukan nasional dalam penggunaan aplikasi digital yang terintegrasi," ujar Bima Arya dalam video tersebut. 

Di Azerbaijan, Bima Arya juga melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan ASAN Xidmat (Mal Pelayanan Publik di Azerbaijan). Saat itu tubuhnya masih sangat bugar. 

Bima Arya pun langsung pulang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada Senin (16/03/2020). Tiba di Bandara, Bima sempat memberikan keterangan pers di Bandara Soetta dengan sejumlah awak media dari Tangerang lalu kembali menggelar konferensi pers di rumah pribadinya di Baranangsiang Indah, Bogor, tanpa mengenakan masker sama sekali. 

Setelah itu, Bima melakukan proses isolasi mandiri dengan bekerja dari dalam rumah. Bima Arya berkordinasi dengan jajarannya melalui video confrence dan WhatsApp Group. 

"Saat tiba di Bogor Pak Wali belum pernah keluar rumah, selain cek kesehatan ke Bogor Senior Hospital," ungkap Apriyadi, staf Humas Pemkot Bogor, dalam keterangan persnya, Jumat (20/03/2020).

Bima Arya telah melaporkan kondisi kesehatannya ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kini, Bima Arya menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor selama 14 hari.


ARTIKEL TERKAIT