Prabowo Akan Ambil Alkes Corona ke China, TNI Diminta Siapkan Pesawat

Rayu, otonominews.co.id
Kamis, 19 Maret 2020 | 20:32 WIB


 Prabowo Akan Ambil Alkes Corona ke China, TNI Diminta Siapkan Pesawat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto - IG PS

JAKARTA, (otonominews) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyediakan pesawat TNI untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai, China. Alat-alat kesehatan tersebut bakal digunakan di Indonesia guna menanggulangi virus corona atau COVID-19.

Permintaan Prabowo dituangkan dalam Surat Menteri Pertahanan bernomor B/667/M/III/2020 yang ditujukan langsung kepada Panglima TNI.

"Mohon Panglima TNI dapat memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok," bunyi surat yang ditanda-tangani langsung oleh Prabowo. 

Dalam surat itu dijelaskan beberapa alat kesehatan yang ingin diambil dari China. Di antaranya, disposable Mask, N95 mask, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps. 

Alat-alat tersebut akan digunakan oleh Tim Medis Kementerian Pertahanan dan TNI guna pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona. 

Saat dikonfirmasi, Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pesawat yang diminta oleh Prabowo itu rencananya akan berangkat dalam 1-2 hari mendatang. 

"Satu dua hari ini (berangkat)," kata Dahnil.

Dahnil menjelaskan penggunaan pesawat TNI dipertimbangkan Prabowo untuk mempermudah proses birokrasi antara pemerintah China dan Indonesia. Dengan demikian, pesawat TNI yang diprioritaskan.

"Agar mempermudah proses G to G dan cepat dibandingkan menggunakan fasilitas lain," kata Dahnil. 

Sejauh ini, telah ada 309 orang yang positif terjangkit virus corona di Indonesia. Sebanyak 19 orang meninggal dan 11 sembuh dari virus tersebut.

Kasus positif corona terdapat di DKI Jakarta (210), Banten (27), Jawa Barat (26), Jawa Tengah (12), Jawa Timur (9), DI Yogyakarta (5), Riau (3), Kalimantan Timur (3), Sulawesi Tenggara (3), Kepulauan Riau (3), Kalimantan Barat (2), Riau (2), Sumatera Utara (2), Sulawesi Selatan (2), Bali (1), dan Lampung (1).


ARTIKEL TERKAIT