Bukalapak Jejaki Kerjasama Dengan Pemprov Sulsel

Gubernur Nurdin Abdullah: Respon Positif Bukalapak Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Sulsel

Mawi:, otonominews.co.id
Sabtu, 08 Februari 2020 | 14:05 WIB


Gubernur Nurdin Abdullah: Respon Positif Bukalapak Dukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Sulsel
Prof Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel
MAKASSAR, (otonominews.co.id --Bukalapak menjejaki kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Kerjasama tersebut untuk menggerakkan perekonomian rakyat melalui warung dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulsel. 

Rencana kerjasama tersebut direspon positif Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah saat menerima rombongan Bukalapak di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Jumat, 7 Februari 2020. 

"Kami sangat bersyukur kalau bisa dijual lewat online semua produk khas Sulsel seperti Songko to Bone dan masih banyak yang lainnya," kata Nurdin Abdullah.

Dengan rencana kerjasama ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulsel, lebih-lebih soal jual beli secara digital. 

"Bukalapak dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital Sulsel melalui berbagai program, produk dan fitur," ujarnya. 

Kepala daerah yang berhasil membuka daerah terisolir di Sulsel ini mengaku, setalah salat Jumat bersama dengan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, di Masjid Rujab Gubernur, banyak berdiskusi mengenai mengeksplorasi berbagai kesempatan untuk menghubungkan pelaku usaha kecil dan warung di Sulsel dengan pasar yang lebih luas secara online. 

Sementara Rachmat Kaimuddin berbicara, mengenai transportasi dan pendapatan daerah dan Sulsel. Bukalapak sendiri akan bekerjasama lewat fitur BukaPengaan, Penerimaan Negara, dan e-Samsat. 

"Tadi kita ceritakan sedikit tentang apa yang Bukalapak kerjakan selama ini. Beliau sangat support Insyaallah kita akan melanjutkan kerjasama yang lebih teknis," kata laki-laki kelahiran Makassar ini.  

Namun, yang lebih menarik ada diskusi mengenai UMKM sebagai bentuk dukungan Bukalapak terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulsel. 

"Ada beberapa hal yang kita diskusikan tadi terutama mengenai UMKM, mudah-mudahan ini bisa kita lakukan sesuatu yang lebih berguna buat masyarakyat dan juga Pemprov Sulsel. Semoga itu bisa menjadi salah satu cara Bukalapak mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan," jelasnya. 

Menurutnya, semoga ini merupakan langkah awal untuk mendukung masyarakyat Sulsel bisa menikmati informasi digital. "Insyaallah kita selalu pengen terus-menerus supaya lebih banyak UMKM yang bisa ikut menikmati transformasi ekonomi digital," katanya. 

Head Corporate Communication Bukalapak, Intan Wibisono menjelaskan, Bukalapak saat ini sudah memiliki pelapak sebanyak lima juta, tiga juta warung serta agen mitranya. 

"Untuk saat ini Bukalapak sudah memiliki lima juta pelapak, tiga juta warung serta agen mitra Bukalapak termasuk di Makassar sendiri Sulsel," tutupnya. 

Turut hadir pada pertemuan tersebut, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, Head Public Policy and Government Relations Bukalapak, Even Alex, Head of Community Bukalapak, Ian Agisty, Head Corporate Communication Bukalapak, Intan Wibisono, Manager Public Policy and Government Relations Bukalapak, Lucita Dita, dan Community Engagement Officer Bukalapak, Ilmawan.(*)