Terpilih Jadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya 2019

Zaiful Bokhari Harap, LamTim Jadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Utama

Rayu, otonominews.co.id
Kamis, 12 Desember 2019 | 22:09 WIB


Zaiful Bokhari Harap, LamTim Jadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Utama
Bupati Lampung Timur H. Zaiful Bokhari, S.T., M.M., pada Festival Anak Pengukuhan Forum Anak Daerah Deklarasi Kecamatan Layak Anak (KELANA) Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak Kabupaten Lampung Timur, di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur

SUKADANA, (otonominews) -  Bupati H. Zaiful Bokhari, S.T., M.M., mengaku sangat bersyukur dan bangga karena Kabupaten Lampung Timur terpilih menjadi Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya 2019 setelah sebelummya pada tahun 2018 berhasil terpilih sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama.

"Insya Allaah kita menargetkan, tahun 2020 Lampung Timur mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Utama," harap Zaiful Bokhari saat memberi sambutan pada acara Festival Anak Pengukuhan Forum Anak Daerah Deklarasi Kecamatan Layak Anak (KELANA) Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak Kabupaten Lampung Timur, di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur, Kamis (12/12/2019).

Ditambahkannya, pencapaian yang diperoleh Lampung Timur bukanlah hal mudah, tetapi perlu kerjasama yang terintegrasi dari semua leading-sector, tidak hanya dinas yang menangani anak, 

“Ini terus terintegrasi dengan semua OPD terkait agar Kabupaten Lampung Timur ini betul-betul menjadi kabupaten yang layak anak. Semua ini perlu kerja keras kita semua,” tegas Zaiful Bokhari.

Selain meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya, Kabupaten Lampung Timur juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia.



“Alhamdulillah Lampung Timur juga mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Hak Asasi Manusia. Saya berharap, penghargaan ini tidak membuat kita jadi jumawa. Hal paling penting adalah masyarakat merasakan semua itu," tegasnya.

Berdasarkan prestasi-prestasi yang telah di raih tersebut, Zaiful Bokhari berharap ke depan prestasi tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Insya Allaah ke depan kita berharap ada peningkatan sesuai dengan apa yang menjadi harapan Bapak Presiden dan juga Kementrian agar prestasi yang telah diperoleh oleh Kabupaten Lampung Timur ini dapat terus kita tingkatkan. Oleh karena itu saya minta dengan seluruh kepala OPD terkait, ketua PKK dan Dharma wanita untuk terus berjuang dalam rangka meningkatkan Kabupaten Layak Anak tingkat Utama,” katanya.

Zaiful Bokhari juga mengajak seluruh masyarakat Lampung Timur untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan terhadap kekerasan terhadap anak. 

“Marilah kita bersama-sama melakukan upaya pencegahan yang dapat kita lakukan. Pimpinlah anak-anak kita agar dapat mengisi hari-harinya dengan warna serta mendukung adanya kegiatan positif yang dapat memunculkan kretivitas mereka," ujar dia.

Hadir dalam acara yang mengusung tema “Kita Anak Indonesia Kita Gembira” itu Forkopimda Lampung Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat se-Kabupaten Lampung Timur, Kepala UPTD se-Kabupaten Lampung Timur, serta Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Timur.

Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Theresia Sormin, Fasilitator Pelatihan Sekolah Ramah Anak Provinsi Lampung Sauwiyah, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin.

Pada acara iru ditampilkan pentas seni oleh anak-anak sekolah yang ada di Lampung Timur serta penandatanganan Komitmen Desa Layak Anak, Kecamatan Layak Anak, Sekolah Ramah Anak, dan Puskesmas Ramah Anak. Pada moment yang sama diberikan pula alat permainan edukatif dan alat seni kepada 31 desa ramah anak.