Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75

Bupati Merauke Pimpin Pembentangan Bendera Merah Putih di Perbatasan RI - PNG

Hen, otonominews.co.id
Selasa, 18 Agustus 2020 | 08:40 WIB


Bupati Merauke Pimpin Pembentangan Bendera Merah Putih di Perbatasan RI - PNG
Bupati Merauke Frederikus Gebse memimpin pembentangan bendera merah putih raksasa di Sota

MERAUKE (Otonominews) - Masyarakat wilayah perbatasan di pelosok timur Indonesia, Kabupaten Merauke Provinsi Papua memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin 17 Agustus 2020 kemarin.

Dipimpin oleh Bupati Merauke Frederikus Gebse, pembentangan bendera merah putih raksasa dilakukan di wilayah Kecamatan Sota, Merauke yang merupakan perbatasan RI dan PNG (Papua Nugini).

Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun masyarakat setempat mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan mengambil sikap sempurna.

Kegiatan diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Merauke dan ratusan personil TNI dan Polri, serta perwakilan tokoh masyarajat dan perwakilan adat nusantara. Mereka semua turut serta membentangkan bendera merah putih dengan ukuran 35 Meter.



Usai pembentangan dilanjutkan dengan mengikuti prosesi detik detik Proklamasi tepatnya pukul 12.17 WIT dari perbatasan Sota-RI-PNG, kegiatan selanjutnya ramah tamah bersama di PosPam tas Sota RI-PNG.

Usai kegiatan, Bupati Merauke Frederikus Gebse mengatakan, melalui momen peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 rakyat Indonesia khususnya di Kabupaten Merauke ini, diharapkan bangsa Indonesia bangkit untuk menjadi generasi yang punya kepribadian yang baik, kuat untuk melewati semua tantangan zaman, bersatu dan tetap semangat dalam menjaga kebinekaan.


“Selama 75 tahun ini kita harus maju dan terus berjuang untuk pembangunan manusia, membangun bangsa dan negara meski dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujar pria akrab disapa Freddy ini kepada awak media.

Dikesempatan itu Freddy mengajak, dalam suasana politik seperti sekarang ini, semua pihak harus menjaga stabilitas daerah.
 
“Kami berharap tidak ada ujaran kebencian yang menyebabkan lunturnya semangat pesta demokrasi,” ajak Freddy.

Sementara Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto, mengatakan kegiatan upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan RI-PNG di Sota berlangsung aman.

"Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih raksasa ini sangat baik guna memupuk jiwa Nasionalisme, NKRI tetap harga Mati, Merah putih tetap berkibar di Ujung Nusantara," kata Ary Purwanto dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (18/8/2020).

"Riuh tepuk tangan seluruh peserta menjadi momen menggembirakan. Beberapa warga mengaku spontan mengikuti sikap sempurna yang dilakukan aparat kepolisian dan pengguna jalan. situasi tetap aman dan kondusif," katanya.