Kukuhkan TPAKD, Bupati Lampung Timur Harap  Pertahankan Opini WTP

Hen, otonominews.co.id
Rabu, 06 November 2019 | 08:39 WIB


Kukuhkan TPAKD, Bupati Lampung Timur Harap  Pertahankan Opini WTP
Bupati Lampung Timur Zaifful Bokhari mengukuhkan TPAKD.

LAMPUNG TIMUR (Otonominews) - Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari menghadiri sosialisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Aula atas Setdakab Lampung Timur, Selasa (05/11/2019). 

Dalam sambutannya, pada kesempatan itu Bupati sekaligus mengukuhkan TPAKD tersebut.
 
Hadir dalam acara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Nurdin Sifrizal, para Kepala OPD, Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Lampung Timur, Mart Aziz, Kepala Bagian Hukum Setdakab Lampung Timur, I Ketut Budiase, serta para Camat se-Kabupaten Lampung Timur. 

Turut hadir pula, Kepala OJK Provinsi Lampung, Indra Krisna, Plt Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Lampung, Hazai Fauzi, Kepala Badan Statistik Kabupaten Lampung Timur, Ir Maryono, Kepala Bank Lampung Lampung Timur, Ujang Arpan, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung, Sofandi Arifin, serta Perwakilan dari Bank Indonesia Provinsi Lampung, Alfin.  



Untuk diketahui, tujuan dari dibentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lampung Timur ialah untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah, mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah, menyediakan data dan informasi mengenai potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, serta melakukan koordinasi diantara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Lampung Timur, Kantor regional/kantor OJK dalam wilayah provinsi, kantor perwakilan kementerian/lembaga negara lainnya didaerah dan pihak terkait lainnya untuk menjamin perluasan akses keungan di daerah.

“Saya ucapkan selamat telah dikukuhkannya tim TPAKD yang kelima di Provinsi Lampung, insha Allah mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat kita di Lampung Timur ini,"  

Lebih lanjut Zaiful berharap setelah dikukuhkan, TPAKD dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, agar tujuannya dapat terwujud demi kemakmuran masyarakat Lampung Timur.

Zaiful juga mengingatkan tahun ini untuk pertama kalinya Pemkab Lampung Timur berhasil meraih WTP, sehingga ia berharap agar prestasi tersebut dapat terus dipertahankan. 

“WTP ini harus kita pertahankan dan saya mengharapkan kepada seluruh stakeholder untuk bisa mendukung kebijakan-kebijakan yang telah kita sepakati bersama terutama terkait dengan pertanggungjawaban keuangan kita di Lampung Timur”, ujar orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, tak lupa pula pria yang memiliki hobi bersepeda itu mengingatkan sekaligus mengundang para tamu undangan untuk dapat menghadiri Festival Way Kambas yang akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 9 dan 10 November 2019. 

“Insha Allah, dengan kegiatan ini perekonomian masyarakat kita di Lampung Timur ini dapat semakin baik,” harapnya. 

Dikesempatan yang sama, senada dengan apa yang disampaikan oleh Zaiful, Kepala OJK Provinsi Lampung, Indra Krisna berharap dengan dikukuhkannya TPAKD Lampung Timur ini dapat memberikan konstribusi serta manfaat bagi Kabupaten Lampung Timur. 

“Mudah-mudahan tim TPAKD yang dikukuhkan ini dapat memberikan konstribusi, semoga juga dapat memberikan manfaat yang lebih baik dalam rangka mendorong program-program pak Bupati, serta dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Timur,” kata Bupati.

Selain dilakukannya pengukuhan dan sosialisasi TPAKD, dalam acara tersebut dilakukan pula penyerahan piagam penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Kabupaten Lampung Timur atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung, Sofandi Arifin kepada Bupati Lampung Timur.